-->

MEDIA PARTNER

Wednesday, April 10, 2019

5 Cara Mudah Mengatasi Stres di Era Modern

5  Cara Mudah Mengatasi Stres di Era Modern

Banyaknya media sosial seperti Facebook, Twitter, Instagram dan lain-lain tidak terlalu membantu banyak orang yang mengalami stres. Stres memang bukan penyakit fisik seperti kangker atau asam urat, namun efeknya bisa jauh lebih berbahaya.  WHO memperlihatkan bahwa stres merupakan salah satu penyakit yang paling banyak diderita manusia modern. Banyak orang menyalahkan zaman sebagai penyebab stres, padahal stres adalah realitas sejati dari era modern. Yang terpenting adalah bagaimana cara kita menghadapinya, berikut ini pembaca bisa menemukan 5 cara mudah mengatasi stres di era modern.

  • Temukan Sesuatu yang Dapat Membuatmu Tertawa



Tertawa merupakan musuh dari stres, maka tertawalah sebelum tertawa itu dilarang. Jika Anda mengalami stres, sebaiknya segera cari sumber yang dapat membuatmu tertawa. Sebenarnya tidak terlalu sulit, Anda bisa memanfaatkan teman-teman Anda sebagai obatnya. Selain itu jika teman-teman Anda kebetulan lagi boring, Anda bisa menonton film-film bertemakan komedi atau menonton talkshow di televisi. Dewasa ini banyak juga acara-acara standp up comedy yang dapat mengocok perut Anda. Tertawa dapat meredakan tingkat stres Anda, dan kualitas hidup Anda pun dapat terjaga.

  • Manjakan Diri Sendiri



Jika Anda mengalami stres karena pekerjaan atau kehidupan rumah tangga, sebaiknya luangkan waktu untuk memanjakan diri sendiri. Jika Anda menyukai musik, cobalah untuk mengajak teman Anda untuk karokean. Atau bagi perempuan, Anda bisa melakukan pijat spa, berendam di sauna, shopping dan lain-lain. Ingat bahwa stres tercipta karena ada pressure dari luar, dan dengan memanjakan diri sendiri, Anda dapat mengembalikan energi Anda kembali. 

  • Lakukan Hal-hal yang Berhubungan dengan Kasih Sayang



Jika Anda sudah berumah tangga, jangan ragu untuk mengatakan ‘I love you’ pada pasangan Anda. Atau Anda juga bisa mengekspresikan kasih sayang pada orang-orang sekitar, misalnya saat Anda jalan-jalan di taman, jangan ragu untuk berkenalan dan ucapkan perasaan senang Anda pada orang lain. 

  • Cobalah Aromaterapi


Jika Anda mengalami hari-hari yang berat, cobalah untuk menghirup aromaterapi. Aroma-aroma yang dihasilkan dari minyak bunga mawar, lavender ataupun melati, dapat meredakan kadar stres Anda. Aromaterapi dapat memperbaiki otak bagian limbik, sehingga mood pun bisa meningkat kembali. Namun pastikan aromaterapi yang Anda gunakan adalah aromaterapi organik, dan jauhi aromaterapi berbahan dasar kimiawi.

  • Berkumpul Bersama Teman atau Keluarga


Sebenarnya ada cara yang sangat mudah mengatasi stres, yaitu melakukan komunikasi dengan sahabat atau keluarga. Mau itu chatting via sosial media, melakukan video calling lewat Skype, ngopi-ngopi di kafe atau menonton film di rumah, semuanya dapat memperbaiki mood dan mental Anda.

Nah itulah 5 cara mudah mengatasi stres di era modern, bagaimana mudah bukan? Semoga bermanfaat ya!