-->

MEDIA PARTNER

Friday, April 5, 2019

Ditemukan Parasit Pemakan Bola Mata

Ditemukan Parasit Pemakan Bola Mata

Parasit merupakan sebutan bagi organisme yang tidak bisa hidup tanpa organisme lainnya. Karena karakteristiknya tersebut, biasanya parasit memakan bagian tubuh organisme yang dihuninya. Baru-baru ini, media sosial digemparkan dengan ditemukannya parasit pemakan bola mata! Iya betul sekali, jadi siapapun yang bola matanya terkena parasit ini, pasti akan mengalami kerusakan mata permanen bahkan kebutaan. Nah bagaimana cerita mengenai parasit pemakan bola mata ini, kamu bisa menemukan ulasannya dibawah ini.

Kejadian mengenai parasit yang ‘memakan’ bola mata seseorang ini terjadi pada bulan Juli yang lalu di Pennsylvania, Amerika. Kejadian langka ini sempat viral di media sosial belakangan ini. Sepasang suami istri asal Pennsylvania menuntut taman bermain di Pennsylvania karena sang suami telah menjadi korban, setelah di matanya terdapat parasit setelah menggunakan seluncur air milik taman bermain tersebut.

Robert Trostle, mengaku bahwa sesaat setelah dirinya mencemplungkan diri ke seluncuran air di Kennywood Park, ia mendapati matanya terkena parasit. Ia juga mengatakan bahwa parasit tersebut tidak bisa dihilangkan dengan praktek pembedahan. Robert mengaku bahwa setelah bola matanya terkena parasit, ia mengalami rasa sakit yang luar biasa di bagian matanya.

Trostle dan juga istrinya mengklaim bahwa mereka melihat air yang ada di kolam sangat kotor, tidak bergerak, dan juga terlihat banyak lumutnya. Trostle menduga keras bahwa bola matanya terkena parasit yang ada di ujung kolam air dimana ia sedang menikmati wahana whitewater rafting ride. Trostle harus mengalami gejala mirip dengan penyakit conjunctivitis dimana penyakit tersebut sangat sulit untuk diatasi.

Kenywood sendiri merupakan taman bermain yang terletak di West Mifflin, Pennsylvania. Kenywood merupakan salah satu taman bermain yang paling tua di Amerika karena sudah ada sejak abad 18 yang lalu. Sebelum diakusisi oleh Palace Entertainment pada tahun 2007 yang lalu, Kenywood merupakan taman bermain yang dikelola oleh keluarga F. W. Henninger dan Andrew McSwigan. Kenywood memiliki banyak sekali wahana yang terlihat sangat old-school, persis seperti wahana bermain zaman lampau. Kenywood sangat sering mendapatkan award, salah satunya yaitu Favorite 'Dark Attraction Park. Sayangnya setelah kejadian yang menimpa Robert Trostle, taman bermain ini kehilangan banyak sekali pelanggan. Pada umumnya, mereka takut jika harus mengalami kejadian yang dialami oleh Trostle.

Ketika kondisinya semakin memburuk, Trostle mengklaim bahwa ia didiagnosa terkena microsporidia keratitis. Perlu kamu ketahui, microsporidia keratitis merupakan penyakit mata yang disebabkan oleh parasit bernama microsporidia. Parasit microsporidia ini memakan kornea mata sehingga penderitanya mengalami rasa sakit dan gangguan mata yang sangat parah. Dalam tuntutannya, dikatakan bahwa Trostle mengalami rasa sakit yang luar biasa saat proses pembedahan karena dokter mesti menggunakan pisau bedah untuk mengeluarkan parasit tersebut.  Trostle harus meringkuk di ruang operasi selama dua hari karena parasit microsporidia tersebut sangat sulit untuk dikeluarkan.

Perlu kamu ketahui, parasit microsporidia ini biasanya ditemukan di aliran air yang diam, tanah, air keran, dan bagian dalam AC. Sebenarnya parasit ini tidak mudah berkembang biak. Infeksi terjadi ketika seseorang menggunakan lensa mata dan terkena air yang didalamnya terdapat parasit microsporidia. Alhasil, parasit microsporidia mampu hidup lebih lama dan memakan kornea untuk bertahan hidup. Kabar baiknya, penyakit microsporidia keratitis ini tidaklah menular.

Perlu kamu ketahui, Trostle mengklaim bahwa dirinya terus-terusan mengalami gangguan penglihatan, gatal-gatal, rasa sakit, pendarahan, dan kemerah-merahan di bagian matanya. Dokter yang menanganinya tidak mampu mengeluarkan parasit dari dalam matanya. Trostle menuntut pihak Kennywood Entertainment Inc agar membayar ganti rugi sebesar $35.000 karena kegagalan dalam memberikan pelayanan kepada pelanggannya. Setelah kejadian ini, pihak Kennywood Entertainment Inc langsung ‘cuci tangan’ dengan menggelar konferensi pers bahwa pihaknya akan memprioritaskan wahana air sebagai wahana utamanya.

Nah itulah ulasan mengenai kejadian yang menimpa Robert Trostle yang harus berurusan dengan parasit pemakan bola mata. Hikmah dari kejadian yang menimpa Trostle ini yaitu jangan sembarangan menggunakan seluncuran air, cek dulu apakah airnya bersih atau tidak. Selain itu jangan pernah gunakan lensa mata saat berenang atau menggunakan seluncuran air.