-->

MEDIA PARTNER

Friday, April 5, 2019

5 Hantu Indonesia Yang Paling Terkenal di Luar Negeri

5 Hantu Indonesia Yang Paling Terkenal di Luar Negeri

Setiap negara tentunya memiliki cerita hantunya masing-masing. Indonesia termasuk negara yang memiliki banyak sekali cerita hantu. Dikenal sebagai negara multikultural dengan ribuan pulau didalamnya, setiap daerah di Indonesia memiliki cerita hantunya sendiri-sendiri. Namun dari banyaknya cerita hantu di Indonesia, terdapat beberapa hantu asli Indonesia yang tidak hanya terkenal didalam negeri saja, namun juga di luar negeri. Banyak orang menganggap bahwa hantu asli Indonesia itu lebih creepy dan mengerikan dibanding hantu-hantu yang ada di Amerika maupun Eropa. Oke langsung saja, berikut kami akan membahas 5 hantu Indonesia yang paling terkenal di luar negeri.

Leak


Hantu Indonesia paling terkenal di luar negeri yang pertama yaitu leak. Faktor utama yang menyebabkan leak begitu dikenal oleh masyarakat luar negeri yaitu karena leak merupakan hantu yang berasal dari Bali. Ratusan ribu turis berdatangan setiap tahunnya di Bali, dan ketika pulang, mereka ‘pun membawa serta cerita rakyat mengenai leak ini. Leak merupakan sosok hantu tanpa badan, yang ada hanya kepala dan juga organ-organ dalam perut yang terurai kebawah. Sebenarnya leak ini merupakan representasi dari tukang sihir yang sedang mempraktekan ilmu hitamnya. Pada siang hari, leak berwujud manusia biasa. Namun ketika malam hari, leak berubah bentuk menjadi sosok yang sangat menyeramkan. Leak merupakan sosok hantu jahat yang paling ditakuti dengan kawasan pulau Dewata.

Sundel Bolong

Sundel Bolong merupakan hantu Indonesia paling ikonik, sehingga sangat dikenal luas di luar negeri. Tak hanya itu, kebanyakan film hantu yang diproduksi di Indonesia selalu menyertakan hantu Sundel Bolong ini. Sundel Bolong merupakan hantu wanita yang bagian punggungnya berlubang sehingga terlihat organ-organ didalamnya. Sundel Bolong ini menggunakan kain putih untuk menutupi seluruh badannya, kecuali area kepala. Menurut banyak cerita rakyat, Sundel Bolong ini awalnya merupakan seorang manusia, tepatnya seorang perempuan yang diperkosa lalu meninggal saat masih hamil. Sundel Bolong dikenal luas sebagai hantu yang sering menteror kaum pria di malam hari. 

Genderuwo

Bagi orang luar negeri, Genderuwo ini lebih dianggap sebagai monster daripada hantu. Badannya yang tinggi besar, rambut yang menutupi seluruh badan, dan juga wajahnya yang sangat jelek memang mirip monster-monster yang ada di Amerika atau Eropa. Genderuwo ini merupakan sejenis bangsa jin yang menghuni area-area ‘bunian’ seperti hutan, bangunan tua, pohon besar, daerah berair, dan lainnya. Bahkan orang-orang Indonesia sering menemukan genderewo ini di area langit-langit rumah. Hantu asli Indonesia ini memiliki rambut berwarna hitam agak kemerah-merahan. Wajahnya sangat jelek dengan gigi taring yang sangat panjang dan juga mata berwarna merah yang menyala. Orang-orang Indonesia juga sering menyebut genderewo ini sebagai pasangan dari kuntilanak.

Pocong

Meskipun bukan pure hantu asli Indonesia (karena dikenal pula di Malaysia), namun orang-orang luar negeri lebih mengenal pocong sebagai hantu asli Indonesia. Banyak kontra mengenai pocong ini, salah satunya datang dari kaum muslimin yang tidak menyetujui penggunaan pocong untuk produksi film maupun karya digital lainnya. Pocong ini awalnya merupakan seseorang yang dimakamkan dengan tradisi khas Islam. Dalam tradisi Islam, kain dibalutkan ke seluruh badan termasuk kepala. Agar terikat rapi, bagian kepala dan kaki diikat dengan menggunakan tali. Jika simpul tali tidak dilepaskan selama 40 hari setelah wafat, maka mayat ‘pun ‘hidup’ kembali sebagai hantu pocong.

Tuyul

Orang-orang luar negeri juga sangat mengenal sosok hantu berbadan kecil ini. Tuyul merupakan roh halus anak kecil yang menggunakan tubuh bayi hasil aborsi. Tuyul berbentuk sangat creepy dengan tubuh mungil, badan berwana abu-abu, dengan mata yang sangat besar. Tuyul dikenal luas sering dimanfaatkan untuk mencuri uang. Dengan bantuan dukun, orang-orang bisa memanfaatkan tuyul untuk mencari uang di rumah-rumah.

Demikianlah info mengenai 5 hantu Indonesia yang paling terkenal di luar negeri. Sebenarnya masih banyak hantu asli Indonesia yang populer di luar negeri seperti kuntilanak, suster ngesot, si manis jembatan Ancol, dan lainnya.