-->

MEDIA PARTNER

Wednesday, May 15, 2019

13 Ide Bisnis Online Yang Dapat Anda Kerjakan Mulai Besok

5 Ide Bisnis Online Yang Dapat Anda Kerjakan Mulai Besok
Ide Bisnis Online

Jika Anda berbicara tentang ide bisnis online satu dasawarsa yang lalu maka Anda hanya akan dicap sebagai orang aneh. Meskipun masih ada yang menganggap bisnis online sebagai bisnis tak jelas, namun mayoritas masyarakat di era modern ini sudah mengakui bahwa bisnis online merupakan bisnis yang real dan dapat dilakukan siapa saja. 

Banyak startup entrepreneur yang sukses dari bisnis online dan Anda pun bisa mengikuti jejak mereka. Untuk memulai bisnis online sangatlah mudah, bahkan Anda bisa memulainya mulai besok. Dalam artikel ini Anda akan menemukan 13 ide bisnis online yang dapat Anda kerjakan mulai besok.

Ide Bisnis Online Modal Kecil yang Bisa Anda Segera Realisasikan

Untuk merealisasikan berbagai ide usaha tidak harus dilakukan dengan membuat toko fisik. Internet menyediakan berbagai peluang bisnis yang bisa Anda mulai dengan modal yang sangat kecil. Berbeda dengan bisnis usaha offline, Anda tidak perlu menggenlontorkan banyak dana untuk membangun startup bisnis Anda. Namun hal terpenting untuk memulai ide bisnis online modal kecil adalah faktor personal mastery yang Anda punyai. 

Personal mastery adalah kemampuan khusus apa yang bisa Anda manfaatkan untuk mendapatkan keuntungan. Internet memang merupakan ‘kolam’ peluang yang sangat besar, namun tanpa skill personal, Anda dipastikan tak memiliki kesempatan untuk meraup sukses di dunia online. Berikut ini adalah beberapa ide bisnis online modal kecil yang menjanjikan.

Bisnis Ebook

Bisnis Ebook, Ide Bisnis Online yang Sangat Menjanjikan

Ide bisnis online pertama yang dapat anda kerjakan mulai besok adalah bisnis Ebook. Ebook adalah buku digital yang dapat Anda buat dengan mudah tanpa memerlukan bantuan penerbit. Agar bisa menjadi best seller di dunia digital maka Anda memerlukan ide-ide menarik dalam membuat ebook. Untuk langkah pertama, Anda bisa membuat ebook sederhana yang berisi tutorial ataupun resep masakan. Jika sudah expert, buatlah ebook dengan tema yang lebih berat. Anda bisa menilik tentang sepak terjang Darren Rowse yang berhasil meraup keuntungan Rp.756.000 hanya dari jualan satu ebook.

PLR

PLR

PLR merupakan ceruk bisnis online yang sangat menggiurkan. Betapa tidak, Anda dapat meraup keuntungan 100% hanya dengan menjual produk PLR. Produk PLR (Private Label Rights) adalah produk orang lain yang dapat Anda beli, lalu Anda menjualnya kembali dengan merek Anda sendiri. Anda bisa membeli produk-produk PLR berbentuk artikel, video, aplikasi ataupun ebook lalu Anda bisa menjualnya dengan menggunakan merek Anda sendiri. 

PLR ini sangat cocok bagi Anda yang tidak memiliki kemampuan khusus di bisnis online. Ilustrasinya adalah Anda membeli sebuah produk PLR berbentuk aplikasi seharga 100 ribu, lalu produk tersebut Anda jual kembali dengan harga Rp.200.000 dan jika terjual Anda mendapatkan untung sebanyak Rp.100.000. 

Kerajinan Tangan (Handmade Craft)

Kerajinan Tangan

Ide bisnis online yang dapat Anda kerjakan mulai besok lainnya adalah dengan startup bisnis kerajinan tangan (handmade craft). Market kerajinan tangan sangat terbatas di dunia nyata, jadi banyak orang lebih melirik dunia online untuk menemukan berbagai produk kerajinan tangan. Anda bisa memasarkan produk-produk kerajinan Anda di situs pribadi ataupun dengan memasukannya di situs-situs khusus handmade craft seperti Etsy ataupun ArtFire. 

Anda bisa menjual berbagai produk kerajinan tangan seperti gelang, kalung, boneka hingga gantungan kunci. Jangan lupa untuk terus mengasah kreatifitas Anda dengan mempelajari berbagai tutorial di Youtube ataupun situs-situs lainnya.

Freelancer

Freelancer

Ide usaha online lainnya yang bisa Anda kerjakan mulai besok adalah dengan menjadi freelancer. Dengan menjadi freelancer berarti Anda harus memiliki kemampuan khusus sehingga orang bisa lebih mudah menilai profil Anda. Jika Anda terbiasa dengan kegiatan menulis, maka jadilah penulis freelance. Banyak orang yang membutuhkan artikel-artikel untuk situsnya. Selain itu banyak juga job-job di dunia online yang bisa Anda ambil. Jangan lupa untuk selalu mencari informasi di forum ataupun media sosial. 

Jika Anda memiliki kemampuan administrasi ataupun data entry, dan kebetulan sudah bosan dengan lingkungan kantor maka mulailah ide usaha profesional freelancer di rumah Anda. Banyak perusahaan kecil ataupun besar mulai melirik para freelancer karena biayanya sangat fleksibel. Jika Anda memiliki skill tertentu yang sangat dibutuhkan banyak orang, maka jangan ragu untuk memulai ide usaha freelancer ini. 

Anda tinggal mencari berbagai situs freelancer yang terpercaya, lalu mulai apply keahlian Anda di situs tersebut. Jangan hanya menunggu orang untuk menghubungi Anda, cobalah mencari berbagai teknik agar Anda mendapatkan banyak pelanggan.

Desainer

Desainer

Jika Anda sangat suka menggambar atau mendesain sesuatu, maka Anda bisa menjual karya-karya Anda di situs-situs seperti Artweb, Unbound, ataupun Zazzle. Hasil gambar atau desain yang original dan unik harganya bisa sangat tinggi. Anda bisa memulai ide bisnis online ini mulai besok. 

Affiliate Marketing

Affiiliate Marketing

Ide bisnis online modal kecil lainnya adalah affiliate marketing. Affiliate marketing adalah Anda menawarkan berbagai produk atau jasa orang lain, lalu jika terjadi transaksi pembelian, maka Anda mendapatkan komisi. Memang tidak mudah untuk menjalankan ide usaha ini, namun banyak orang yang berhasil meraup milyaran rupiah perbulan dengan menjalankan affiliate ini. 

Anda memang tak perlu modal yang besar namun Anda membutuhkan banyak kesabaran karena Anda harus terus membuat campaign berisikan promosi produk Anda. Jangan sungkan untuk memasuki forum-forum affiliate atau juga sering sharig dengan affiliater kelas dunia.

Blogging

Blogging

Jika Anda sangat suka menulis maka blogging bisa menjadi ladang menggiurkan dalam mendapatkan uang. Untuk memulai ide usaha blogging ini adalah dengan membeli hosting dan domain. Namun jika Anda masih pemula, gunakan platform blogging gratisan seperti blogger.com. Terus lakukan posting setiap hari untuk mendapatkan visitor organik dan juga dengan mempostingnya lewat media sosial. 

Untuk mendapatkan income lewat ide usaha blogging ini adalah dengan menawarkan banner iklan di situs Anda, menempatkan kode iklan Adsense, ataupun placement articles. Sudah banyak orang yang berhasil meraup ratusan juta perharinya dari ide usaha blogging ini. 

Kursus Privat Online

Kursus Online

Jika Anda memiliki keahlian tertentu misalnya kemampuan bahasa mandarin yang bagus, maka jangan ragu untuk menawarkannya lewat internet. Banyak orang yang membutuhkan jasa kursus privat online karena lebih fleksibel dan murah. Anda bisa mengajar bahasa, memberikan tutorial desain grafis, menawarkan trik mendapatkan uang lewat internet dan lain-lain. Anda bisa membuat sebuah situs tentang ide usaha kursus privat Anda. Jangan lupa untuk membuat akses login yang dapat diakses gratis ataupun yang berbayar.

Mahasiswa yang baru lulus biasanya menganggur untuk beberapa saat. Untuk mengisi waktu luang, mahasiswa yang baru lulus juga bisa memulai bisnis kursus privat. Ide bisnis online satu ini sangat potensial apalagi jika dipromosikan lewat sosial media.

Toko Online

Toko Online

Dewasa ini banyak perusahaan yang menyediakan jasa pembuatan toko online dengan harga yang murah. Anda bisa memulai ide usaha toko online ini dengan modal yang sangat minim. Jangan lupa untuk membuat akun tentang toko online Anda di media sosial seperti Instagram, Twitter atau Facebook untuk memperkuat bisnis usaha Anda.

Bisnis Fashion

Bisnis Fashion

Di era digital, ide usaha paling realistis adalah bisnis fashion. Mengapa bisnis fashion? Untuk startup bisnis fashion sebenarnya tidak membutuhkan banyak skill fashion, cukup dengan pemahaman sosial media yang kuat dan juga kemampuan networking yang tinggi. Selain itu Anda juga tidak perlu membuat butik hanya untuk memulai bisnis fashion, cukup gunakan sosial media sebagai lapak dagangan. Bagaimana dengan produk? Anda otomatis tidak memiliki banyak modal untuk membeli atau menciptakan kreasi fashion, solusinya adalah dengan menjual produk orang lain.

Content Creation

Content Creation

Selain bisnis fashion, ide bisnis online paling potensial lainnya adalah content creation. Apa itu content creation? Content creation mengharuskan Anda membuat konten-konten menarik baik berbentuk tulisan, video, ataupun gambar. Di era digital ini, kebutuhan akan konten-konten fresh dan original sangat dibutuhkan. Anda bisa memulai menjadi seorang freelancer dengan mengerjakan berbagai job yang berhubungan dengan dunia digital. 

Selain itu, internet juga menyediakan berbagai kesempatan mendapatkan uang lewat kegiatan blogging yang mengharuskan Anda mengupdate artikel setiap harinya. Untuk memulai ide usaha content creation ini relatif sangat mudah. Anda bisa memanfaatkan berbagai ilmu yang didapatkan pada saat perkuliahan dan mengkonversikannya lewat konten-konten bermutu.

Konsultan Sosial Media

Konsultan Sosial Media

Hari ini semakin banyak perusahaan yang membutuhkan jasa konsultan sosial media dalam memarketkan produknya. Inilah celah yang bisa diambil oleh Anda untuk menawarkan portfolio konsultan sosial media. Berbagai perusahaan baik startup ataupun yang sudah berbentuk mega korporasi, tidak memiliki banyak waktu untuk mengurusi akun sosial media mereka. 

Anda bisa membentuk tim konsultan sosial media dan juga berbagai porfolio baik lewat akun sosmed ataupun website. Namun sebagai konsultan sosmed, Anda diharuskan memiliki kemampuan sosial media marketing yang baik.

Web Designer

Web Designer

Setiap detiknya ada 40.000 domain yang didaftarkan di internet. Hal tersebut menunjukan banyak orang yang mulai melirik internet sebagai celah bisnis mereka. Bagi Anda lulusan Teknik Informatika, tentu memiliki basic pemrograman yang baik. Anda bisa membuat startup penyediaan website, blog ataupun aplikasi. Dengan menjadi web designer, bayarannya pun lumayan mahal. Ide bisnis online web designer ini sangat recommended bagi mahasiswa yang baru lulus.

Nah itulah beberapa ide bisinis online yang bisa Anda realisasikan hari ini juga! Setiap tahunnya dinamika dunia bisnis online semakin meningkat tajam. Hal tersebut ditandai dengan munculnya berbagai startup baru yang menancapkan kekuatan kapitalnya di Indonesia. Daripada terus menganggur, alangkah lebih baik Anda ‘pun memulai untuk menjadi seorang startup entrepreneur. Berbagai ide bisnis online yang menghasilkan di atas, dapat menjadi pilihan bagi Anda.